Oct 11, 2015

Ngelamar Kerja di BRI

Kadang gw benci sama yang namanya tanggal merah alias hari libur gini. Bosen banget nggak ngapa-ngapain. Gak ada yg ngajakin kemana, jadinya bangun tidur, makan, nonton, ngantuk trus tidur lagi. Bangun, trus makan lagi. Gitu terus siklusnya sampe gw mikir "ya uda lah ngeblog aja".

Gw mau ngeshare pengalaman gw ngelamar kerja ke BRI kemaren deh. Siapa tau bermanfaat buat kalian yang lagi nyari kerja.

Sebelum lanjut, bisa kali subscribe channel YouTube gw ya.. Makasih

Gw cerita dikit nih ya..
Oktober 2014 lalu gw dapet Ijazah D3 setelah wisuda tanggal 11 nya. Dan gak lama setelah itu gw dapet info kalo kantor cabang BRI di daerah gw buka lowongan sebagai Frontliner (Customer Service dan Teller). Awalnya gw sama sekali gak minat sih, beneran. Deadline waktu itu tanggal 20 oktober, jadi masih ada waktu sekitar seminggu-an lah.

Gw cerita deh sama sobat gw tentang lowongan itu. Trus dia langsung ngotot nyuruh gw buat lamaran, sementara dia? Ya, dia tidak, dia tidak buat lamaran. Dia masih betah dan sayang banget sama kantor nya.
Awalnya lagi-lagi gw tetep gak tertarik, sampe dia bilang gini :
"Sok kali sih kau, ngelamar juga BELUM TENTU dapet panggilan, apalagi sampek diterima! Gak usah ke-PD-an dulu lah!!!"
Gitu. Bayangin sendiri deh gimana nada dia ngomong nya dengan tanda seru sampe 3 bijik gitu. Langsung menusuk jantung sebelah bawah pokoknya.
Trus gw tiba-tiba mikir, bener juga sih. Belom tentu dipanggil. Ya uda deh masukin aja. Toh juga dari pada salinan legalisasir Ijazah gw disimpen di rumah gak ada gunanya. Trus, ya kalo pun dapet panggilan hitung-hitung nambah pengalaman wawancara kerja lah. Apalagi nih dunia perbankan BUMN yah.

Gw coba ajak Mbak Ratih buat ngelamar juga (sekalian cari kawan). Syukurnya dia mau nemenin, itu pun gw yg harus nyiapin surat lamaran dan CV nya. Yah, walaupun salah ketik hahaha.. Sorry mbak, beneran gak sengaja loh..

Singkatnya, tanggal 20 Oktober siang kita janjian ketemu makan siang di sekitar Lapangan Ika Bina sekalian nyiapin dokumen tambahan untuk dimasukin ke amplop. Waktu itu jam 2 an kita anter ke kantor BRI langsung ke tangan mbak mbak sekretaris nya di lantai 2, setelah nanya dulu ke satpam di depan.

FYI, baru pertama kali ini loh gw ngelamar kerja ke perusahaan.
Kalo soal cita-cita sih, gw memang ada keinginan untuk jadi seorang bankir. Tapi di BPD-SU atau daerah lain lah.

Oke kita udahin aja yah kata pengantar dari gw. Langsung aja.

Ada beberapa tahapan seleksi sampai akhirnya gw lolos di BRI.
  1. Seleksi administrasi
  2. Wawancara tahap awal
  3. Psikotest
  4. Wawancara akhir
  5. Medical check-up


1.   SELEKSI ADMINISTRASI

Tahap paling cemen ini mah. Gak usah khawatir gak lolos. Asalkan semua persyaratan yang diminta udah kalian lampirkan di surat lamaran kerja, pasti dapet panggilan.
Standar sih, beda perusahaan biasanya beda-beda persyaratan nya. Kalo gw kemaren :


  • Surat lamaran kerja
  • CV
  • Fc KTP yg berlaku
  • Pas foto 4x6 terbaru warna
  • Fc ijazah terakhir dilegalisir
  • Fc transkrip nilai dilegalisir
  • Fc sertifikat akreditasi jurusan di kampus dilegalisir

Udah itu aja.
Kira-kira sebulan kemudian, tanggal 13 Nopember waktu itu gw lagi asyik-asyik nya ngajar nih. Jam 12an ada panggilan masuk. Untung nya gw angkat, karna emang semua nomer baru selalu gw angkat sih semenjak gw masukin lamaran. Biasanya males gw.
Jadi intinya gw dapet panggilan untuk wawancara tahap awal tanggal 18 Nopember nanti pukul 13.00 WIB. Gw lupa gimana  percakapan di telpon kemaren hahah. Gw juga lupa kalo gw masukin lamaran ke BRI.

2.   WAWANCARA TAHAP AWAL
Tanggal 18, waktu itu gw minta ijin ke kepsek gw untuk ijin pulang lebih awal. Jam 12 gw balik duluan. Untuk siap-siap buat wawancara nih. Ciye, gw wawancara broh.
Dengan seragam kemeja putih panjang dan celana item, gw udah ganteng maksimal. Iya, akhirnya gw pake pakean putih item juga, kayak mau sidang kemaren.
Sampe-sampe emak gw heran.
Mau kemana kau nu rapi kali?
Nikah, mak. Jawab gw datar.
Emak gw cuman ketawa.

Proses lamaran kerja gw ini emang gw rahasia in. Bahkan ke orang terdekat sekalipun, Emak gw.
Bukan nya "apa" nih. Toh juga cuman coba-coba, bukan coba-coba juga sih. Intinya gw gak enak aja lah, males. Tengsin juga kalo gak jebol.. Hahha
Balik ke wawancara.
Jam 1 kurang gw sama mbak ratih nyampe kanca BRI, setelah gw jemput dia ke rumahnya dan mampir beli Aqua di indomaret. Biar focus. Sesaat kemudian gw baru inget ternyata gw belom makan siang -_-
Beruntung nomor urut gw nomer 1 diikuti mbak ratih nomer 2. Jadi gak perlu nunggu waktu lama.
Ruang wawancaranya tuh 2 ruangan. Yang ngewawancarain ada 2 orang juga di satu ruangan, peserta yg masuk langsung 4 orang sekaligus dalam 1 ruangan.
Pertama masuk kita langsung ke ukur tinggi badan. Setelah itu diwawancarain.
Wawancara nya gampang kok. Biasa aja. Beneran, BIASA AJA!!!
Gini nih kira-kira.
Sebelumnya dia ngenalin diri dulu sebagai pewawancara, jabatan dia apa dan ngenalin temen di sebelahnya. Trus nanya2 yang intinya perkenalan diri, keluarga dan pendidikan.


Q : Sekarang coba perkenalkan diri kamu. Sebutkan mulai dari nama, orangtua kamu, alamat, pendidikan kamu, dan pekerjaan kamu saat ini. Mulai dari kamu (ini pertanyaan untuk kita berempat. Karna gw duduk paling kanan gw giliran terakhir.

Jawab aja dengan santai, gak usah gugup dan terkesan buru-buru. Atur nafas dengan baik. Gimana kalian ngobrol dengan temen kalian aja. Mungkin agak susah untuk yg baru pertama kali wawancara. Tapi coba kalian latihan di depan kaca dulu, atau dengan teman kalian sendiri sebelum hari H wawancara. Karna gw juga ngelakuin ini.

Trus dia nanya lagi setelah kita jawab pertanyaan tadi.


Q : sudah berapa lama kamu bekerja?
Q : coba ceritakan pengalaman kerja kamu yang menyenangkan dan paling tidak menyenangkan.
Q : kan udah kerja, kenapa masih mau ngelamar lagi ke BRI?
Q : udah punya tabungan di bri? Tau apa aja produk BRI?
Q : coba jelaskan sedikit tentang BRI.

Untuk profil perusahaan kalian juga harus persiapkan. Baca-baca info perusahaan melalui websitenya aja.
Trus untuk yg jurusan akuntansi mungkin bakal ditanyai tentang akuntansi, seperti neraca dll. Atau jurusan lain juga yg kebetulan sama dengan jurusan si pewawancara.
Kuasai jurusan kalian sendiri yah.
Memang sih, semua contoh pertanyaan di atas gak ditanyai untuk kita semua, dibagi. Suka-suka  pewawancara lah mana yg mau ditujukan ke kita
Cuman segitu aja sih.

Selesai wawancara dia cuman bilang terima kasih sudah menghadiri wawancara hari ini. Untuk info selanjutnya akan dihubungi melalui handphone kalian masing-masing. Jadi tolong pastikan selalu aktif yah.

Yang perlu kalian perhatikan mungkin soal pakean yah. Bebas rapi aja sih. Gak usah norak. Ya kalo cowok pake kemeja panjang, celana berbahan kain. Warna kemeja usahain warna gelap aja, gak usah ngejreng juga. Kalo mau yang berwarna boleh boleh aja sih. Kayak coklat, merah hati, biru muda atau yang navy.
Jangan sepele soal pakean loh, setiap warna itu pasti ada makna nya masing masing buat pewawancara. Karna disini lah kesan pertama yang didapatkan pewawancara sama kalian.
Oh iya satu lagi, jangan bau badan juga. Pokoknya jangan deh.
Untuk yang cewe biasanya sih pake blazer gitu. Pake high heels yah, jangan yang flat shoes.
Intinya penampilan kalian tuh ya harus kayak pekerja kantoran. Kan calon pekerja kantoran toh?

3. PSIKOTEST
Setelah melalu wawancara tahap awal kemaren, entah kenapa gw percaya diri untuk melangkah ke tahap selanjutnya. Gw ngerasa udah ngelakuin all my best.
Seminggu kemudian. Tanggal 21 november waktu gw lagi di dinas pendidikan ada urusan kerjaan. Tepatnya waktu itu di parkiran pas gw mau balik pulang. Ada sms masuk, iya sms bukan telpon. Intinya sih isinya panggilan untuk menghadiri psikotest tanggal 25 nopember nanti jam 9 pagi yadi PKSS Medan. Jadi PKSS ini setelah gw Googling ternyata anak perusahaan BRI yg ngurusin rekrutmen pekerja gitu.
Disini gw belom percaya kalo itu panggilan resmi beneran. Gw mikir, masa sih via sms?
Akhirnya, demi mencari keadilan dan kebenaran yg sesungguhnya. Gw nyempetin singgah di kantor cabang. Gw tanya ke satpam nya.
"Siang pak, ada yg bisa dibantu?" Tanya satpam dengan ramah.
Siang pak. Gini pak, saya baru aja dapet sms. Isinya panggilan psikotest ke PKSS Medan. Itu bener gak sih?" Kata gw sambil nunjukin sms yg di handphone gw.
"Oh iya pak, bener itu. Itu anak perusahaan BRI. Coba tanya ke temen-temen bapak yg ngelamar juga, apa mereka dapet panggilan juga atau enggak."
"Iya iya pak. Makasih ya pak info nya". Kata gw sambil manggut-manggut kayak anak metal.
"Permisi pak". Sambung gw sekalian pamit.

Sesampainya di rumah. Gw bingung mau berangkat sama siapa. Karna mbak ratih gak dapet sms panggilan katanya. Banyak sih temen kampus gw yg ikut nyoba. Tapi gak terlalu akrab. Bodo ah. Ntar juga pasti ada.
Tiap ada waktu senggang. Gw coba browsing soal ujian psikotest bank yg berserakan di internet. Gw juga coba konsultasi ke yg berpengalaman masalah psikotest, Citra. Iya dia jago banget soal psikotest. Selalu menyelesaikan soal sebelum waktu habis. Tapi ya gitu, kalo lagi beruntung aja.

Di sisi lain. Dalam rangka memperingati hari ulang tahun gw PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) pada 25 Nopember, seluruh guru akan menjadi petugas UPB, dan gw tahun kemaren dapet tugas sebagai barisan pengibar bendera. Gw udah sempet latihan padahal. Sampe gw coba negosiasi ke pihak PKSS untuk mundurin jadwal psikotest gw ke tanggal 26, dan ternyata gak bisa. Ya iya lah gak bisa. Emang gw siapa? Oke, gw putuskan untuk tidak ikut memperingati HUT PGRI di sekolah dan juga tidak permisi ke Kepsek, hanya ke rekan-rekan guru terdekat aja. Itu pun gw bilang ada keperluan keluarga mendadak.
Dan kabar baiknya, gw dapet temen di kereta api di perjalanan ke Medan. Lumayan lah ada temen ngobrol. Iya, gw berangkat bareng Miftah. Temen kuliah gw yang paling cantik. Serius PALING CANTIK!
Tapi dia bawa temen juga, takut kali ya gw 'apa-apain'. Padahal gw kan gak 'apa' orangnya. Tapi ya udah lah, mungkin dia agak 'apa' orangnya. Apa sih ini ah..

24 malem gw berangkat ke stasiun. Iya nih, malem ini malem ultah gw. Kalian bisa baca Postingan gw disini.

*****
Selasa pagi, sekitar jam 5 kita mendarat di Medan (padahal naek kereta api, ketipu kan hahah). Sembari menunggu matahari pagi terbit, kita tetap di stasiun. Terlalu cepat rasanya kalau langsung dateng ke PKSS. Jangan-jangan satpam nya juga masih tidur.
Gw memutuskan untuk naek taksi aja. Gw memang lebih suka dibanding naek transportasi lain. Bukannya songong atau apa nih. Lebih safety dan nyaman aja.
Sesampainya di sekitar PKSS, kita langsung nyari tempat buat sarapan. Iya bener kita gak mandi pagi. Tapi tetep keren kok. Bener deh.
Oh iya, gw ngobrol sama miftah gini, gara-gara ngeliat ada yg mau ikutan test juga lagi sarapan trus dia ngeluarin papan komputer sama alat tulis.
"Eh war, aku gak bawa-bawa alat tulis loh". Dia bilang gitu seperti tanpa bersalah.
"Oh iya? Trus nanti mau ujian pake apa?" Jawab gw datar.
"Gak tau". Dia mulai sedih. Hahah.
"Ya udah nih pake punya ku. Aku beli yg isinya 2". Gw berbaik hati. Maklum, kan lagi ulang tahun :D
*****
Proses memulai psikotest.
Pertama kita diabsen dulu sama petugas. Sekaligus ada isi formulir data diri gitu. Nah sewaktu diabsen, lagi lagi ngukur tinggi dan berat badan. Trus kita masuk ke ruangan kelas yang udah disiapin untuk test.
Gw pertama kali nih ujian psikotest. Dan ternyata SERU!!! Beneran seru loh.
Ada satu orang narator, mbak mbak cantik yg ngejelasin cara mengerjakan psikotest nya.
Nih materi psikotest kita kemaren. Temen-temen yg mau belajar, googling aja materinya. Banyak kok.


  1. Army Alpha Test (favorit gw nih).
  2. Warteg Test, ini yg nyempurnain gambar. Ada 8 gambar.
  3. Test Koran (Kraeplin/Pauli Test). Menjumlahkan 2 angka yg berdekatan dan ditulis hanya angka satuan nya aja. Fokus! Kalo boleh pake pulpen aja. Tapi kalo diharuskan pake pensil, sediakan pensil setidaknya dua. Karna kalo patah atau tumpul, ngeraut nya itu butuh waktu. Pokoknya hasilnya harus stabil jangan cenderung menurun.
  4. Test EPPS (Edwards Personal Preference Schedule). Soalnya tentang 2 pernyataan yg kita diharuskan untuk memilih salah satu yg paling dekat dengan kepribadian kita. Kalo pun dua dua nya gak ada sama sekali, kita tetap wajib untuk memilih salah satunya. Ada 250 soal kalo gak salah. Dan banyak yg mirip seperti diulang-ulang. Jadi harus konsisten ya.
  5. Test Analog Verbal. Kayak sinonim dan antonim. Gak begitu sulit kok.
  6. Test Logika Aritmatika. Ini pola bilangan yang berurutan misalnya kelipatan 4 atau berapa. Gampang lah.

Apa lagi yah? Hmm itu aja deh kayaknya.
Di antara itu semua, yang paling bikin otak gw panas ya test koran. Mata gw pedes, pantat gw pegel, tangan gw juga pegel. Tiap narator nya bilang 'pindah' rasanya mau gw colok matanya pake pensil faber castle. Tapi niat itu gw urungkan segera setelah sampai di kolom akhir.
Kita dituntut untuk bener bener fokus. Jangan pikirkan apapun kecuali angka angka yg ada di kertas. Lupakan saja hutang hutang yg ada.

Alhamdulillah berakhir dengan langsyat.
Test kemarin berjalan selama lebih kurang 150 menit. Lumayan lama juga.
Saat penutupan petugas PKSS nanya, apakah ada keluarga yang bekerja di BRI juga. Kayak saudara kandung, sepupu, ataupun saudara apa lah. Ada juga ternyata beberapa temen temen yang punya saudara di BRI. Gw gak tau tujuan nya apa waktu itu. Tapi ternyata oh ternyata, diharamkan sesama saudara kalau sama sama kerja di BRI. Gak boleh. Kalau bohong, trus ketahuan di belakang hari, di denda mahal. Gw lupa kemaren waktu neken surat pernyataan, di situ ada ditulis.
Selain itu, petugasnya juga bilang kalau hasil psikotest akan dikabarkan 2 hari kemudian kepada peserta yang tidak lulus aja. Iya, jadi kalo kita lulus, 2 hari kemudian kita gak ditelpon. Kebalik yah? Biasanya kan yg LULUS aja yg dikabari, sekalian ngucapin selamat. Gokil nih PKSS.
Nah kalo kita gak ditelpon sampai jam 6 sore berarti kita lulus nih. Kita diharuskan untuk melengkapi berkas akhir, yang dikirim ke alamat kantor PKSS.


  1. Fotocopy ijazah dan transkrip nilai dilegalisir.
  2. Fotocopy KTP dan kartu keluarga.
  3. Foto post card pakaian bebas rapi.
  4. Foto ukuran 4x6 miring 45 derajat ke kanan dengan background biru kemeja putih, dengan mulut yang sopan dan tidak dimonyongkan.
  5. Fotocopy SKCK yang dilegalisir.

FYI nih, berkas itu harus sampai di PKSS hari senin. It means, only 3 days.

*****
(2 hari kemudian)
Gw gak ada ditelpon nih. Seharian itu rasanya tiap handphone gw bunyi, gw langsung jantungan. Melirik layar dengan perlahan. Kali aja yang nelpon nomer baru. Ternyata sampai matahari terbenam gw gak ada ditelpon juga. Syukurlah. Berarti lulus, seperti feeling gw waktu psikotest kemaren. Iya, gw memang udah feeling sih psikotest kemaren lulus. Gak tau kenapa. Dasar Sombong!
Gw langsung ngabarin miftah, ternyata dia beruntung juga kayak gw.
Gw langsung ngajak temen gw Minan untuk ke studio foto malem itu juga. Mengingat rentang waktu yang diberikan PKSS mepet banget.
Karena gw ngirim berkasnya juga pake jasa pengiriman JNE.
Gw ngirim berkas nya di hari sabtu. Dan gw ngerasa sial. Waktu itu berkas udah gw masukin ke dalem amplop dengan rapi. Gw lagi lagi mintol ke Minan untuk ngirimkan berkas gw ke JNE. Dan ternyata pengiriman JNE untuk hari itu udah gak bisa. Minggu nya mereka juga off pengiriman. Jadi baru bisa dikirim Senin deh.
Gw bingung mau gimana waktu ditelpon dia. Beruntung waktu itu dia langsung ngasih opsi bahwa sopir JNE mau ke Medan. Jadi mereka nyaranin nitip kan aja tapi dengan pengiriman yg tidak resmi. Walaupun mereka minta ongkos kirim nya malah jauh lebih mahal -__- Ya uda deh yang penting nyampe fikir gw.
Jujur gw ragu gak nyampe. Gw pasrah aja lah. Paling gak ditelpon untuk wawancara akhir. Tapi . . . . Ah sudah lah.

Bersambung kesini.

Udah di-subscribe kan??? 

145 comments:

  1. Selanjutnya bagaimana bang? Dipanggilkah? Aku juga punya pengalaman tapi uda seminggu ini gak ada panggilan lagi. hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukur nya dipanggil dek..
      Coba lanjut bagian dua nya dek hehehe.
      Btw, lamar di BRI mana?

      Delete
  2. Kak masih inget nama buku psikotes yang digunain oleh pkss bri mohon infonya :)

    ReplyDelete
  3. Bang, saya juga mau lamar ke BRI. Itu lamarnya ke kantor pusat, kantor wilayah, apa kantor cabang ya? Trins

    ReplyDelete
  4. Bang, saya juga mau lamar ke BRI. Itu lamarnya ke kantor pusat, kantor wilayah, apa kantor cabang ya? Trins

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung posisi yg kamu lamar dek. Kalo kanpus sih biasanya rekrutmen online.
      Ke kanwil atau ke kanca aja, atau via anak perusahaaan BRI, PT. PKSS

      Delete
  5. Bang saya mau tanya, saya gajian gak ya bulan ini. THR keluar gak ya bg. Mau beli baju heraya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gajian dong pasti..
      Ditunggu undangan nya yah. Ngomong ngomong soal THR, THR apa yah?

      Delete
    2. Bg anwar apara ku mau nanyak nih. Kmi uda tes kesehatan. Itu pemanggilan brapa waktu lama kmi menunggu kbar berikut nya.

      Delete
  6. Permisi bang, kalau nungguin pengumuman lolos interview atau tahap selanjutnya (medikal) itu memang lama sekali ya ? Soalnya saya sudah ikutin tahap psikotest - interview hrd dan jeda waktu antara psikotest dan panggilan interview itu cuma 2 minggu, setelah interview saya belum dapat panggilan lagi bang sejak tgl. 2 juli 2016. Saya hubungin pihak bank-nya mereka jawab belum ada, memang selama itu ya kalau nunggu tahapan final (rekrutment bank BRI cab. Sangatta - Kalimantan Timur)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pengalaman saya sih sekitar 2 minggu tiap tahapnya mas.
      Tergantung kebutuhan pekerja di Kanca masing masing mungkin ya.. Kalo memang temen temen yg lain juga belum ada panggilan ya bisa jadi memang belom pengumuman mas.

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo rekrutmen di tingkat Kanca gak ada website gitu sih mas. Coba iseng main ke Kanca nya, tanya informasi di satpam atau ke CS. Biar bisa dilanjutkan ke bagian SDM nya..

      Delete
  8. Kalau boleh tau ni bang, apa sebabnya mereka lama mengeluarkan hasilnya ya ? Apa yang mereka tunggu ? Mungkin kita tau sedikit banyaknya mengenai faktor-faktornya, mengingat abang ini telah menjadi karyawan, pasti tau keadaan di dalam menejemen, sebelumnya saya mohon maaf ni bang kalau terlalu banyak tanya, maklumlah saya sangat berharap dengan rekrutment ini, banyak orang diluar sana yang mengantri demi diterima di perusahaan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mas, mengenai hal tsb saya gak bisa jawab.
      Pengalaman SDM di Kanca saya, biasa seleksi berkas sampai pemanggilan wawancara awal satu bulan. Selanjutnya masing2 paling lama 2 minggu sampai pengumuman hasil kelulusan, seperti yg saya share di blog ini.
      Utk jelasnya datang aja ke Kanca tempat mas ngelamar kerja, biar terjawab semua kan.
      Tks.

      Delete
  9. maaf mas saya mau sharing ni.
    16 agustus lalu saya ikut seleksi interfiew awal di bank bri bagan siapiapi rohil _Riau tapi sampai hari ini belum ada kabar nya mas.
    galau juga mikirnya kok lama ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabar temen temen lain nya gimana mbak? Apakah memang belom ada proses selanjutnya? Coba sharing..
      Karna sudah lebih satu bulan tuh, kalo pengalaman saya paling lama 2 minggu mbak keluar hasil utk test tahap selanjutnya..

      Delete
  10. Mas tipsx gmn sih biar lolos seleksi Bri. Soalx udh 2 kali tes psikotes dan interview di kpsg tp msh gagal blm ad panggilan juga. Bulan kmren sya cb krim lmaran ke pkss berharap dPat panggilan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lanjut baca ke bagian 2 deh mbak sampe khatam. Saya udah share tips nya.
      Semangat mbak, baru 2 kali kok.. Hehe

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Bro bisa gak lihat contoh permohonan kerja ke pkss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo utk form permohonan kerja umum kok bro..
      Browsing aja di internet yah..

      Delete
  13. Bro klo cowo tinggi badan minimal berapa ya?

    ReplyDelete
  14. Bro klo cowo tinggi badan minimal berapa ya?

    ReplyDelete
  15. mas anwar mau tanya , tanggal 20 okt 2016 kemarin saya telah mengikuti tes psikotest, biasanya pengumuman hasil psikotest nya berapa lama ya mass.. kemarin dikasih tau sama mereka paling cepat 1 minggu setelah test, tapi ini telah 1 minggu belum ada kabar... bisa di bagi pengalaman nya mas.. saya tes di pkss medan bagian IT.. TKS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kemarin dua minggu bro..
      Penguji nya juga PKSS medan.
      Kalo utk pengalaman, semua udah saya share di sini kok. Coba lanjut baca bagian 2 nya. Thankd

      Delete
    2. Mas anwar mau tanya. Kmrn saya psikotes, dri pkss bilang max pengumuman 30 hari, jika dlm 30 hari nggk dpt wa brati nggak lolos.
      Tapi tmn saya baru sminggu dh dapat wa, masih mungkin nggk ya sya msh bisa dpt wa ?

      Delete
  16. ohh begitu ya mass.. hmhm mau tanya sikit lagi mass.. kalau yang gagal psikotest, kasih tau apa tidak ya mass.. thankss :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg gagal dikasih tau mas. Kalo yg lulus malah gak dikasih tau. Seperti yg saya ceritakan di blog ini

      Delete
  17. ah masa begitu sih.. kemarin sebelum kami mulai tes, yang kasih materi bilang suruh siapkan semua berkas seperti jazah,transkip,akreditas legalisir ,pasfoto 45 derajat kanan,skck dan foto poscard...malah saya udah siapkan semua mass... kalau dari pengalaman mas anwar kemarin, berpa orang peserta yang bareng sama mas psikotest , terus berapa orang hasil psikotest nya gagal.. boleh di share dikitkan mass :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu masalah teknis panitia rekrutmen aja mas, bisa jadi beda dong.
      Waktu psikotest itu masih seratusan, lulus utk wanhir 32 orang.

      Delete
  18. Mas, mau tanya kalau mau tahu info rekrutmen PKSS gimana ya mas? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung ke kantor PKSS masing masing kota kali ya. Saya juga kurang tau

      Delete
  19. Mbak mau tanya, kan biasanya kalau BRI buka lamaran kan mencantumkan persyaratan Universitas terkemuka. Berarti yang peluang lebih banyak dari universitas yang terkemuka ? saya baru mau lulus dari Universitas Terbuka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo utk frontliner min terakreditasi mbak. tipe c juga bisa. tapi kalo utk jalur PPS min B

      Delete
  20. Mas mau nanya, aku oengen banget kerja di perbankan. Tapi tinggiku gak ada 150, udah pasti gak memenuhi syarat yaa ?

    ReplyDelete
  21. kak anwar_Berarti nama besar perguruan tinggi itu peengaruh ya mas? Sepengetahuan mas lulusan kuliah jarak jauh seperti UT bisa apa tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minimal akreditasi C mas kalo utk frontliner.. jelas pengaruh nama besar kampus. Tapi selama terakreditasi ya gak masalah...

      Delete
  22. selamat sore mass..
    saya mau tanya mas.. saya sudah hampir 2 bulan mengikuti psikotest di pkss ,apakah masihh ada harapan dipanggil mass.. soalnya masihh harap-harap cemas , kalau pun gagal kenapa gak di kabari ya.. mohon pencerahaan nya mass.. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai rai..
      Coba tanya ke temen sesama waktu psikotest, apakah di antara mereka ada yg sudah dipanggil utk wawancara.
      Karna pada umumnya yg gagal memang tidak dikabari.
      2 bulan menurut saya sudah terlalu lama

      Delete
  23. Bang mau nanya dong. Pas bikin surat lamaran 'kepadanya' langsung BRI atau Pkss yak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kamu masukin nya kemana.. Intinya ke PEMIMPIN CABANG BRI atau PKSS nya

      Delete
    2. gan mau tanya nih kalo ngelamar lewat PKSS perbulannya gaji kita di potong ga sih ???

      Delete
    3. gan mau tanya nih kalo ngelamar lewat PKSS perbulannya gaji kita di potong ga sih ???

      Delete
    4. Kurang tau saya mbak.. mungkin iya

      Delete
  24. Bang bedanya petugas administrasi sama administrasi apa ya? Sama aja apa ada bedanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh bingung nih jawab nya gimana.. yg namanya pegawai kantoran pasti berhubungan dengan administrasi dong..

      Delete
    2. Kak mau tanya, waktu ukur tinggi badan gtu ada yg dinyatakan gak lulus lgsung gak ya ? Soalnya tinggi gak nyampek 155 😂 atau mungkin ada alternatif lain gtu ambil posisi yg tanpa tinggi badan itu apa kak? 😄

      Delete
    3. Minimal semua 155 dek.. kalo jujur di daftar riwayat hidup tertera di bawah 155 gak bakalan diproses.
      Utk selanjutnya yg gak dipanggil, tapi untuk wawancara awal tetap diproses.

      Delete
  25. bang saya udah sampai tahap psikotest bahkan sudah test kesehatan. trs kata org BRI itu saya gagal karna hasil psikotest katanya emosi saya gak stabil. itu mempengaruhi gak ya bang? kan saya udah medikal checkup juga masa iya gagal? mohon masukannya bang. ini BRI Syariah sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya sih kalo udah kesehatan berarti psikotest kamu lulus. Hanya masalah kesehatan..

      Delete
  26. mas numpang tanya nih, saya kan sempel lamar di bri cabang, nah saya udah datang di panggilan pertama, nah panggilan pertama yang saya kira interview malah hanya ngukur tinggi badan dan berat badan dan juga penampilan, setelah itu di suruh pulang semua nya yang di panggil itu, terus katanya akan di kabarin lagi, namun udah 5 hari ini belum ada kabarnya mas, kira kira saya masih wajib nunggu atau gimna? mohon pencerahannya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba tanya2 ke kawan kawan aja sih, kalo misalnya ternyata ada yg dipanggil berarti kemungkinan besar kamu tidak lulus.
      Kalau pun belum ada berarti memang on process..

      Delete
  27. Kak nanya dong,kalo gagl di intrview awal ap boleh ya kita ngelamar lagi di tempat yg sama?

    ReplyDelete
  28. Mas,,apakah benar,ada hubungan keluarga misal sepupu tidak diperbolehkan dalam satu kantor, dan akan dikenai denda,,,lalu bgaimana bekerja di kantor bri cabang lain meskipun satu perusahaan bank bri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar. Tidak diperkenankan sesama keluarga di BRI (sampai derajat ke dua) walau di cabang lain juga

      Delete
  29. Mas mau nanya saya kemaren test psikotest BRI lewat PKSS medan.. udh 2 minggu saya gak di panggil tapi kawan saya di panggil ���� sempat down sih berarti saya gagal, boleh gak mas saya ngelamar lagi di BRI?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh kok mbak.. asal kan syarat umur masih memenuhi persyaratan..

      Delete
  30. Syarat tinggi badannya kan 155 bg klo aku cuman 154 ngaruh gak itu ya bg??

    ReplyDelete
  31. Kak saya freshgraduate dan transkip nilai saya belum legalisir gmana ya apa saya bisa lulus seleksi berkas atau engga?

    ReplyDelete
  32. kalo ngirim lamaran tapi belom ada lowongan,
    gmn y mas buat lamaran nya.

    thank's

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu saya ngelamar kemaren bulan oktober bersamaan dengan dibuka lowongan. Temen saya yg lulus, dia daftar di bulan maret dan ternyata tetep diproses.
      Jadi gak masalah masukin lamaran walaupun belum ada lowongan. Tetap diproses jika memenuhi syarat. Tks

      Delete
  33. Mas mau nanya cs bri agro gimana ya kerjanya? Sama benefitnya boleh tahu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. BRI Agro anak perusahaan BRI.
      Jadi menurut saya jelas berbeda.

      Delete
  34. @ bg anwar kira2 kalo kirim lamaran via pos ke kanca nya.. Bisa gak bg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mbak. Yang penting sampe sebelum tanggal yg ditentukan.
      Temen saya ada yg lulus, lamaran nya dikirim juga pake JNE

      Delete
  35. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  36. Mw nanya bang klo pa kur itu kn dikontrak os nya . Itu ad kemungkinan diangkat pegawai tetap gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada. Asal kamu mengikuti dan lulus job opening internal bri.

      Delete
  37. pengen bgt kerja di bank BRI, tp tinggi badan cuman 155 cm :( kemungkinan lolos pasti sedikit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minimal memang 155cm kok.
      Tapi kalo pesimis di awal susah sih..

      Delete
  38. bang mau tanya. kalau di bri ada syarat tidak boleh menikah selama setahun bekerja?

    ReplyDelete
  39. Setahu saya kalau utk frontliner dan backoffice sih tidak..

    ReplyDelete
  40. mas saya dapet panggilan kurang lebih 3 bulan, psikotest dan wawancara + bawa materai 6000,
    apakaha pertama panggilan langsung disuruh bawa materai?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3 bulan yg lalu maksudnya?
      Pengalaman saya materai hanya ketika sudah dinnyatakan lulus sih, untuk PKWT..

      Delete
  41. Mas sayau nanyak kalo lamar di BRi ditujukan ke PKSS apa Ke BrI? Kebetulan saya searching pkss membuka loker

    ReplyDelete
  42. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  43. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Min 155. Berat badan proporsional.

      Delete
    2. Bang maaf mau tanya jadi kalau tinggi badan ga sampai 155cm... Gugur pasti lah yah? Jawab yah bg gimana pengalaman nya

      Delete
  44. bang tanya bang , ane kan sudah pernah kerja di Pkss ditempatin di Bank BRI sebagai PA KUR trus ane kluar sebelum kontrak selesei karna problem , nah ini ane mau daftar lagi nglamar di pkss lagi masih bisa ndak ya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya kalo di cabang yg sama gak bisa deh..

      Delete
  45. kalo ke cabang lain gmn bang ?

    ReplyDelete
  46. Bang MUTUALPLUS itu vendor BRI juga kagak? Thx

    ReplyDelete
  47. Mas mau tanya nih klo jadi daftar tunggu karna blm ada tempat, nantinya pasti bakal dipanggil ga sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga di daftar tunggu nih kak . Terus kelanjutanya gmn kak ?

      Delete
  48. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  49. Mau nanya... Gak ada training dulu setelah Katerima kerja???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa pendidikan kalau utk frontliner 2 minggu bro..

      Beda jabatan beda durasi pendidikan..

      Delete
  50. mas saya kemarin ngelamar langsung di bri. sudah wawancara awal, psikotes, mcu, dan wawancara akhir. tmn saya yg barengan dgn saya dpt sms disuruh urus npwp sedangkan saya blm dpt sms. ada kemungkinan ga ya mas itu dikabarinnya bertahap gt?

    ReplyDelete
  51. kalau jd daftar waiting list kemungkinan bakal di panggl lg ga mas?

    ReplyDelete
  52. Mas sambungan cerita nya yg d bagian wawancara akhir sama proses wktu MCU gak ad ya..

    ReplyDelete
  53. halo. mohon pencerahannya. untuk melakukan proses lamaran itu ditujukan kemana dan kepada siapa ya?Apakah langsung ke Pihak / Kantor Bank BRI terdekat? Terima kasih. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke kantor cabang bri atau ke PT PKSS di kota kamu bro..

      Delete
  54. Mas Anwar salam kenal,mau tanya nih saya kan dinyatakan diterima di BRI posisi PA Kur via outsource namun skrg sdg waiting list untuk MCU. Itu nanti kira2 bentuk kontraknya bgaimana ya? Juga jenjang karir dan salarynya bgmna ya mas? Terimakasih

    ReplyDelete
  55. Mas anwarr "photo postcard 4r" itu berkas kek gimanaan sih?
    Gak ngeh bisa jelasin?
    Tolong fast respon donk mas soalnya mw lamar mandiri nih #_#
    Thanks!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seluruh tubuh ddengan background putih. Pakaian formal. Untuk gaya bebas aja, yg penting keliatan formal dan office look

      Delete
  56. mohon maaf mas, saya mau nanya,
    saya sudah interview tahap awal di pkss saya ambil frontliner juga, ohya mas, kira2 maksimal waktu di panggil tahap selanjutnya berapa lama ya mas.mksi mas

    ReplyDelete
  57. mohon maaf mas, saya mau nanya,
    saya sudah interview tahap awal di pkss saya ambil frontliner juga, ohya mas, kira2 maksimal waktu di panggil tahap selanjutnya berapa lama ya mas.mksi mas

    ReplyDelete
  58. bang ini saya baca blognya yang gak lolos yang di sms. bagi yang lolos itu gmna kelanjutan informasi mengenai proses rekrutment. apa kagak bingung???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti yg saya sampaikan di atas, kalo gak dikabarin sampe jam 6 ya udah pasti lulus dan tinggal ngirim berkas

      Delete
  59. kak mau nanya nih kalau kita mau ngelamar jadi frontliner di surat lamaran sama di amplopnya di tulis frontliner enggak ? makasih

    ReplyDelete
  60. mas anwar mau tanya saya udah maskuin surat lamaran di kanca BRI kota saya tinggal tanggal 12 september tapi ko belum ada panggilan ya... mang berapa lama siih jarak waktu antara nyerahin berkas lamaran sampai dipanggil?

    ReplyDelete
  61. mas kalau lulusan SMK ngelamar di PT. PKSS untuk di bank BRI bisa ga/ masuk kualifikasi ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk posisi PA-KUR bisa mbak..
      Tapi harus tetep komitmen untuk kuliah

      Delete
  62. Kalau gak salah (bener), yg gak boleh kalau saudara kandung sampai dua keturunan, gitu..

    ReplyDelete
  63. Mas mau tanya kalo foto 4R nya background merah gmn ya, karna di syarat cuma lampirkan foto full body pakaian kerja gitu aja.

    ReplyDelete
  64. kak mau nanya, kalau di surat lamarannya ada kesalahan saat bagian ditempatnya di gabung boleh kirim lagi surat lamarannya engga ?

    ReplyDelete
  65. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  66. Mantap mas sharingnya, saya juga pernah kerja di Bank BRI, salam sukses

    ReplyDelete
  67. Mas mau nanya klo saat interview awal kan ada pengukuran tinggi badan tp pas diukur tinggi badan kurang 1cm masih boleh ikut interview awa Atau langsung dinyatakan gugur ditempat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetep ikut interview awal..
      Kalo penampilan dan interview kamu meyakinkan kurang 1cm harusnya gak masalah

      Delete
  68. Kalo cewek tes kesehatannya apa aja kak

    ReplyDelete
  69. Mas bro baru seminggu lalu saya ikut psikotest, dan mba2nya waktu itu ga ngasih tau apa2 tentang kelulusan atau tidak lulusnya, dia cuma bilang "info selanjutnya nanti akan ditelfon" , nah setelah satu minggu akhirnya dapat info kalo hari senin disuruh psikotes lagi, saya bingung apakah ini semacam remedial/test ulang ataukah memang 2x tes psikotes ya ???
    (ga sempet nanya ke mba2 karena kebayang ini itu waktu dapet info)

    ReplyDelete
  70. Kak mau tanya dong tau info2 kalo ada lowongan bri gitu darimana kak yang aman dan terpercaya. Apa harus dateng ke kantornya gitu apa gimana
    Soalnya pernah ngirim email dan ternyata itu penipuan
    Terimakasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo utk FL dan BO biasanya di uker BRI nya. Kalo website hanya untuk PPS

      Delete
  71. Mas kalo daftatr online knp y susah, wktu pengiriman lamarannya gagal muluh pdhal ud sering di ulang ulang

    ReplyDelete
  72. Mas kalo daftatr online knp y susah, wktu pengiriman lamarannya gagal muluh pdhal ud sering di ulang ulang

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang lengkap pengisiannya..semuanya harus diisi

      Delete
  73. Bang numpang tanya juga, kemarin saya dapat panggilan tes tahap interview awal, setelah itu kalau lulus paling kira-kira menunggu kabaranya berapa lama ya bang, kalau lebih dari itu berarti engga diterima ya bang

    ReplyDelete
  74. Bang mau tanya, setelah inteview awal itu nunggunua lama ya? Udah hampor 1 bulan belum ad panggilan lagi, temen2 yang lain juga kayak gituh. Apa gak jadi rekrut pegawai baru ya bang ..🙏🙏

    ReplyDelete
  75. Bang mau tanya nih kalo pengumuman psikotes dari pkss ga bisa di liat di web ya? Soalnya udah seminggu belum ada kabar lagi. Biasanya gimana ya lolos/ga setelah psikotes?

    ReplyDelete
  76. Pengumuman medical check up berapa lama ya mas? Setelah dilakukan tes

    ReplyDelete
  77. Minimal tinggi badan berapa sis??

    ReplyDelete
  78. Assalamualaikum kak
    mau tanya, kemarin saya masukin berkas lanaran di pkss .
    tapi saya lupa tidak menambahkan salah satu persyaratan .
    menurut kaka, kalo saya kirim berkas lamaran lagi ke pkss selang waktu 3 hari bagaimana?

    ReplyDelete
  79. Kalo ngelamar jadi administrasi, apakah ada penahanan ijazah dan terkena penalty ?

    ReplyDelete
  80. makasih gan buat sharingnya, ane jadi punya gambaran sebelum ngelamar hehe

    ReplyDelete
  81. Klw sudah wawancara sama kanwil berapa persen peluang untuk lulus tu bg

    ReplyDelete